1.
Pengertian Perusahaan Adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan aktivitas
pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi
masyarakat, mendistribusi serta melakukan uapaya lain dengan tujuan memperoleh
keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Atau suatu unit kegiatan ekonomi
yang di organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya
untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk
menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang
menguntungkan
Lingkungan
perusahaan Lingkungan
perusahaan sedangkan arti lingkungan secara luas
mencakup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu , perusahaan , dan masyarakat . faktor – faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya , termasuk aspek – aspek ekonomi , politik , sosial , etika – hukum , dan ekologi / fisik dan sebagainya.
mencakup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu , perusahaan , dan masyarakat . faktor – faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya , termasuk aspek – aspek ekonomi , politik , sosial , etika – hukum , dan ekologi / fisik dan sebagainya.
Contoh :
1. Perusahaan timah
2. Perusahaan kimia
3. Perusahaan batik
4. Perusahaan ketersediaan
bahan mentah
2.
Tempat perusahaan
kantor
pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi
faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga
pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dan sebagainya.
Letak
perusahaan
sering
pula disebut tempat kediaman perusahaan,yaitu tempat dimana perusahaan
melakukan kegiatannya sehari-hari.Sedangkan istilah tempat kedudukan perusahaan
dapat diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahan.
Dengan semakin tajamnya persaingan serta banyaknya perusahaan yang saat ini bermunculan,maka pemilihan letak perusahaan ini sudah tidak mungkin dilakukan dengan cara coba-coba.Karena dengan cara itu perusahaan akan kalah dalam bersaing;disamping waktu harus berpacu,juga efisiensi di bidang biaya perlu mendapat perhatian.Oleh karena itu pemilihan letak perusahaan ini harus dilakukan dan diputuskan melalui beberapa pertimbangan yang disertai fakta yang kongkrit dan lengkap.
Dengan semakin tajamnya persaingan serta banyaknya perusahaan yang saat ini bermunculan,maka pemilihan letak perusahaan ini sudah tidak mungkin dilakukan dengan cara coba-coba.Karena dengan cara itu perusahaan akan kalah dalam bersaing;disamping waktu harus berpacu,juga efisiensi di bidang biaya perlu mendapat perhatian.Oleh karena itu pemilihan letak perusahaan ini harus dilakukan dan diputuskan melalui beberapa pertimbangan yang disertai fakta yang kongkrit dan lengkap.
Contoh
:
1.
Letak
perusahaan yang terkait pada alam
2.
Letak
perusahaan berdasarkan sejarah
3.
Letak
perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah
4.
Letak
perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi.
3. Eksternal makro
Adalah lingkungan
eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal
yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
NO
|
Lingkungan
ekternal mikro
|
Lingkungan eksternal
makro
|
1
|
Teknologi
Dalam setiap masyarakat
atau industri , tingkat kemajuan memainkan peranan yang berarti . Sebagai
contoh kemajuan teknologi akan menurunkan permintaan akan manajer- manajer
menengah dan lini pertama, Banyak perusahaan sekarang menggunakan komputer
untuk meramalkan operasi-operasi dan schedulin produksinya , dimana pada
waktu yang lalu dilakukan oleh fungsi – fungsi manajemen menengah. Inovasi
teknologi dapat juga menimbulkan posisi persaingan baru dalam industri –
industri yang berbeda. Ini semua menuntut manajer perusahaan bersikap tanggap
terhadap tantangan – tantangan dan mampu memanfaatkan kesempatan yang ada.
Manajer perlu senantiasa menaksir arah perkembangan teknologi dan
memperkirakan perngaruhnya pada organisasi atau melakukan peramalan
teknologi.
|
Para pesaing
Lingkungan persaingan
perusahaan tercemin dari tipe , jumlah dan norma – norma perilaku organisasi
pesaing. Dengan pemahaman akan lingkungan persaingan yang dihadapinya ,
organisasi dapat mengetahui posisi persaingannya sehingga lebih mampu
mengoptimalkan operasi – operasinya.
|
2
|
Ekonomi
Para manajer akan selalu
terlibat dengan masalah-masalah biaya sumber daya – sumber daya yang
dibutuhkan dalam organisasi. Biaya ini berubah-berubah setiap waktu karena
pengaruh faktor – faktor ekonomi. Sehingga manajer senantiasa perlu
menganalisa dan mendiagnosa faktor – faktor ekonomi, seperti kecenderungan
inflasi atau deflasi harga-harga barang dan jasa, kebijaksanaan moneter, dan
kebijaksanaan fisikal dll, jadi manajer perusahaan harus mencurahkan waktu
dan sumber daya untuk melakukan peramalan ekonomi dan antisipasi perubahan
harga.
|
Langganan
Strategi kebijaksanaan
dan taktik pemasaran perusahaan sangat tergantung situasi pasar dan
langganan. Analisa langganan berguna untuk mengantisipasi perubahan perilaku
pasar atau langganan dan mengarahkan pengolakasian sumberdayanya sesuai
kebutuhan dan keinginan langganan.
|
3
|
Lingkungan sosial kebudayaan
Merupakan pedoman hidup
yang menentukan bagaimana hampir seluruh organisasi dan manajer harus
beroperasi . Lingkungan ini mencakup kepercayaan , nilai-nilai, sikap-sikap,
pandangan serta pola kehidupan yang dibentuk oleh tradisi , pendidikan,
kelompok , ethnis, teknologi , demografi, geografis, serta agama dan
kepercayaan dari sekelompok atau seluruh masyarakat tertentu. Pengaruh dari
pedoman hidup ini dapat sangat luas atau felatif sempit.Misal, batasan bagi
pekerja wanita mungkin hanya berlaku disuatu daerah, tetapi dapat juga
berlaku secara nasional
|
Pasar tenaga kerja
Organisasi memerlukan
sejumlah karyawan dengan berbagai bermacam – macam ketrampilan ,
kemampuan , dan pengalaman/ Kemampuan menarik dan mempertahankan karyawan
yang cakap merupakan kebutuhan prasyarat bagi perusahaan yang sukses .
Ada tiga faktor yang
paling berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan karyawan perusahaan,
yaitu reputasi perusahaan di mata angkatan kerja, tingkat pertumbuhan
angkatan kerja dan tersedianya tenaga kerja yang dibutuhkan.
|
4
|
Dimensi Internasional
Komponen Internasional
dalam lingkungan eksternal juga menyajikan kesempatan-kesempatan dan
tantangan-tantangan serta mempunyai potensi menjadi faktor yang berpengaruh
langsung pada operasi perusahaan. Kekuatan-kekuatan internasional ini
berpengaruh melalui perkembangan politik dunia, ketergantungan ekonom
transfer teknologi. Lebih sempit lagi, kekuatan ini berwujud misalnya
keterrgantungan sumberdaya impor, keadaan resesi, persaingan dengan
perusahaan – perusahaan multinasional, tingkat pertukaran mata uang asing
dsb. Maka hendaknya manajer mampu menanalisa dan mengantisipasi untuk
kemudian meletakkan dasar yang kuat dalam menghadapi perkembangan dunia
internasional.
|
Lembaga keuangan
Organisasi tergantung
pada bermacam-macam lembaga keuangaan untuk memperluas kegiatan-kegiatannya .
Kebutuhan akan dana dari lembaga-lembaga keuangan tersebut dapat jangka
pendek untuk membelanjai operasi-operasinya atau jangka panjang untuk
membangun fasilitas baru dan membeli peralatan baru.
|
5
|
Keadaan alam: SDA
Sosial dan budaya
|
Para penyedia
Setap organisasi sangat
tergantung pada sumber-sumber dari sumber daya untuk memenuhi kebutuhan baku
(mentah) , bahan pembantu, pelayanan energi , dan peralatan yang digunakan
untuk memproduksi keluaran
|
6
|
Pendidikan dan kebudayaan
|
Perwakilan pemerintah
Hubungan organisasi
dengan perwakilan-perwakilan pemerintah berkembang semakin komples. disamping
merupakan atau menjadi para penyedia dan kreditur bagi perusahaan, juga
menetapkan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi organisasi ,
prosedur-prosedur perijinan dll.
|
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar